Flu Burung Penyakit Berbahaya

Written By Luthfie fadhillah on Senin, 27 Februari 2012 | 00.30

Provinsi Banten masih termasuk tiga besar provinsi di Indonesia dalam kasus flu burung, dengan jumlah kasus hingga November 2008 sebanyak 28 kasus dan meninggal 25 orang.
  
"Kasus flu burung di Banten masih tinggi dibanding daerah lain, terutama di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang. Namun masih di bawah DKI Jakarta dan Jawa Barat," kata Kordinator Bidang Survailans dan Monitoring Terpadu Komnas Penanggulangan Flu Burung dan Pandemi Influensa (FBPI) Heru Setijanto pada workshop jurnalismne flu burung di Pandeglang, Selasa.

Menurut Heru, jumlah kasus flu burung di Indonesia hingga November 2008 sebanyak 139 kasus yang positif flu burung, dengan jumlah korban meninggal sebanyak 113 orang, 18 orang di antaranya meninggal pada 2008. Sedangkan perkiraan jumlah kerugian secara ekonomi akibat kasus flu burung dari 2004 hingga 2008 diperkirakan sebesar Rp4,1 triliun.

Ia mengatakan sejak 2003 hingga 2008 sebanyak 31 dari 33 provinsi merupakan daerah terinfeksi flu burung dan sebanyak 294 dari 498 kabupaten/kota dengan jumlah kematian unggas mencapai 13 juta. Dua daerah atau dua provinsi yang masih bebas dari flu burung hingga saat ini adalah Provinsi Maluku Utara dan Gorontalo.

Insiden rendah kasus flu burung terjadi di 13 provinsi di seluruh Indonesia di antaranya, NTB, NTT Papua, Papua Barat. Daerah endemi pada fase 3 terjadi di 18 provinsi yang tersebar di Pulau Jawa, Suamtera, Bali dan Sulawesi. Namun, hingga enam bulan terakhir belum ada laporan mengenai kasus tersebut.

Workshop Flu burung yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten bersama Unicef itu berlangsung di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, dan diikuti puluhan wartawan media cetak dan elektronik.

Dalam worshop tersebut akan dilakukan peninjauan ke sebuah kampung di Kecamatan Labuan, Pandeglang yang sudah melaksanakan antisipasi penularan virus flu berupa penerapan bidang studi muatan lokal penyakit flu burung di sekolah.

Anda sedang membaca artikel tentang

Flu Burung Penyakit Berbahaya

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2012/02/flu-burung-penyakit-berbahaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Flu Burung Penyakit Berbahaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Flu Burung Penyakit Berbahaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger