Pengungsi Masih Berdatangan

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 30 Oktober 2012 | 22.41




Kerusuhan Lampung


Pengungsi Masih Berdatangan





Penulis : Herlambang Jaluardi | Selasa, 30 Oktober 2012 | 22:31 WIB











BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com—Kerusuhan yang terjadi di Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan, mengakibatkan gelombang pengungsian yang masih terjadi hingga Selasa (30/10/2012) malam. Pengungsi yang sebagian besar berasal dari Desa Balinuraga ditampung di kompleks Sekolah Polisi Negara (SPN) Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Sebuah bus besar tiba di kompleks sekolah itu sekitar pukul 20.00 WIB. Bus tersebut mengangkut warga Desa Balinuraga yang terpaksa mengungsi sebagai buntut dari kerusuhan antardesa yang terjadi sejak Sabtu hingga Senin.


"Hingga saat ini ada sekitar 2.000 pengungsi yang ada di sini. Kami menyediakan ruangan besar dan fasilitas mandi, cuci, dan kakus. Ada juga empat tenda dapur umum," kata Inspektur Satu Muhammad Yaman, Kepala Urusan Instruktur SPN. Di dalam sebuah ruangan sekitar 20 x 20 meter, para pengungsi, termasuk lansia dan balita, bercengkerama di atas tikar terpal plastik. Sebagian terlihat beristirahat. Ada juga yang masih makan nasi bungkus bantuan masyarakat.


Made Rasta (30) adalah salah seorang pengungsi yang baru tiba pada Selasa pagi dengan truk dari Marinir. Rumahnya hangus terbakar pada Senin siang. Sebelum tiba di tempat pengungsian yang jaraknya sekitar 90 kilometer dari lokasi kerusuhan, Made dan warga lainnya mengungsi di kebun karet. "Istri dan dua anak saya malah sempat tidur di kebun selama dua malam," kata Made yang tinggal di Desa Balinuraga empat tahun terakhir. Ia menyusul keluarga besarnya yang telah merantau di desa itu selama tiga puluh tahun lebih, termasuk ayahnya yang sakit lumpuh. "Saat mengungsi kemarin saya membopong bapak," kata Made sambil menengok pada ayahnya yang sedang tertidur di atas terpal plastik. Made berharap situasi semakin membaik, sehingga dia bisa memulai kembali mengerjakan sawah di desa, yang ia sebut bertanah subur itu.






Editor :


Tjahja Gunawan Diredja














Anda sedang membaca artikel tentang

Pengungsi Masih Berdatangan

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2012/10/pengungsi-masih-berdatangan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengungsi Masih Berdatangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengungsi Masih Berdatangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger