Rossi: Level Lorenzo dan Pedrosa Sangat Tinggi

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 05 Februari 2013 | 22.04


SEPANG, Kompas.com - Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, mengakui bahwa dua rivalnya dari Spanyol, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo, sedang berada dalam puncak karier mereka. Tak heran jika Pedrosa dan Lorenzo akan sangat sulit ditaklukkan.

Rossi mengungkapkan hal tersebut usai hari pertama uji coba resmi pra-musim MotoGP 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Selasa (5/2/2013). Dalam tes tersebut, Pedrosa, yang merupakan runner-up musim 2012, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 2 menit 01,157 detik, hanya unggul 0,008 detik dari Lorenzo, sang juara bertahan.




Tentu saja level mereka sangat tinggi dan untuk saya sulit, karena saya harus berusaha mengalahkan Lorenzo dan Pedrosa, yang saya pikir sedang dalam puncak karier mereka.


-- Valentino Rossi




Sementara itu Rossi, yang untuk pertama kalinya kembali menunggang YZR-M1 setelah hengkang dari Yamaha pada akhir 2010, harus puas di urutan keempat. Dia tertinggal lebih dari 0,4 detik dengan Pedrosa.

"Tentu saja level mereka sangat tinggi dan untuk saya sulit, karena saya harus berusaha mengalahkan Lorenzo dan Pedrosa, yang saya pikir sedang dalam puncak karier mereka," ujar Rossi mengenai pebalap Repsol Honda dan rekan setimnya di Yamaha itu.

"Saya lebih tua, sehingga saya perlu melakukan usaha yang lebih lagi. Tetapi kami tidak terlalu jauh," tambah peraih tujuh gelar MotoGP ini.

Rossi pun memberikan pujian secara khusus kepada rekan setim Pedrosa di Repsol Honda, Marc Marquez. Meskipun berstatus rookie MotoGP, juara dunia Moto2 ini memperlihatkan penampilan yang sangat mengesankan karena berhasil menempati posisi ketiga dengan hanya terpaut 0,044 detik dari pebalap terdepan.

Menurut Rossi, Marquez, yang juga berasal dari Spanyol, memiliki potensi yang sangat besar untuk bertarung memperebutkan podium. Bahkan, pebalap berusia 19 tahun itu akan menjadi lawan berat sejak seri pembuka yang akan berlangsung di Qatar pada awal April mendatang.

Meskipun tertinggal lebih dari 0,4 detik, Rossi merasa senang. Dia berharap bisa terus melakukan peningkatan, sehingga pada hari terakhir uji coba, Kamis (7/2), hasil yang diraih lebih bagus dari hari ini.

"Targetku dalam uji coba ini adalah rasa dengan motor, cara kerja pada motor dan - terutama bagiku hal terpenting - jarak dengan pebalap di depan pada hari ketiga," ujar Rossi, mengenai target yang diusung dalam uji coba resmi perdana ini.

"Hari ini perbedaannya adalah 0,4 detik dan saya senang. Kami berharap bisa mengalami peningkatan dari hari ke hari. Jika saya kedua, ketiga atau keempat (dalam hal catatan waktu), bukan merupakan persoalan besar."

Rossi juga mengakui bahwa uji coba ini benar-benar menjadi saat untuk mengetes M1 1.000 cc. Pasalnya, dalam tes pasca-musim bersama Yamaha pada bulan November lalu di Valencia dan Aragon, dia tak bisa melakukannya secara maksimal akibat hujan deras yang mengguyur lintasan.

"Saya memulai dengan pengesetan dasar seperti pada motor Lorenzo, dengan sejumlah modifikasi kecil dari pengalaman terakhir bersama M1," terang Rossi.

"Jadi sebagai contoh, saya biasanya menggunakan satu peringkat lebih keras dari Jorge. Tetapi pada akhirnya pengesetan menjadi sangat mirip. Pagi ini, saya menggunakan motor 2012 dari Valencia. Siang hari, saya mencoba spesifikasi yang sama, tetapi dengan mesin berbeda. Modifikasi 2013.

"Saya tak lama berada di lintasan karena hari pertama uji coba akan sangat sulit secara fisik. Jika anda terlalu banyak mencoba hari ini, anda memiliki rasa yang buruk pada uji coba selanjutnya. Jadi, saya mencoba untuk menghemat tenaga.

"Namun saya membuat catatan waktu 2 menit 2.0 detik (menyamai rekor lap saat balapan) dengan 27 lap pada ban belakang - tujuh lap lebih banyak dari balapan - sehingga bagi saya, jarak balapan tak menjadi sebuah perhatian."







Editor :


Aloysius Gonsaga Angi Ebo









Anda sedang membaca artikel tentang

Rossi: Level Lorenzo dan Pedrosa Sangat Tinggi

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/02/rossi-level-lorenzo-dan-pedrosa-sangat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rossi: Level Lorenzo dan Pedrosa Sangat Tinggi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rossi: Level Lorenzo dan Pedrosa Sangat Tinggi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger