Kabareskrim: Ada Upaya Pelemahan Densus 88

Written By Luthfie fadhillah on Rabu, 06 Maret 2013 | 22.41


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Sutarman menduga ada upaya pelemahan pada satuan Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri. Dugaan ini muncul seiring beredarnya video dugaan kekerasan polisi kepada tersangka kasus terorisme dan wacana pembubaran satuan berlambang burung hantu itu pun muncul belakangan ini.


"Ada upaya melemahkan Densus agar tidak melakukan penegakan hukum terhadap para teroris. Itu harus kita waspadai. Jangan sampai Densus yang mengamankan Indonesia bubar," kata Sutarman di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2013). Dia  menegaskan, Densus 88 masih diperlukan saat ini untuk menggagalkan aksi teror.


Sutarman mengatakan ia tak ingin kecolongan seperti tragedi Bom Bali dan di Hotel JW Marriot. Menurutnya, pembubaran Densus akan sangat menguntungkan teroris. "Jangan pernah berpikir sekecil apapun membubarkan Densus. Kalau itu bergulir maka itu mengenakkan pelaku teroris," katanya.


Sebelumnya, saran pembubaran Densus 88 sempat dinyatakan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Pernyataan itu pun terkait beredarnya video kekerasan yang diduga dilakukan anggota Densus.


Tak hanya IPW, sebelumnya Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin juga menyarankan pembubaran Densus jika melakukan pelanggaran HAM dalam menindak pelaku terorisme. Din telah menunjukkan video itu pada Kapolri Jenderal Timur Pradopo.


Menurut Sutarman, pelaku dalam video itu bukan Densus 88, melainkan anggota Brimob. Video berdurasi sekitar 13 menit itu, terang Sutarman merupakan gabungan video tahun 2007 dan 2012.


Sutarman mengaku telah menindak tegas anggotanya untuk peristiwa yang terjadi pada 2012. Sementara untuk video yang direkam pada 2007, menurut dia belum ditemukan dugaan pelanggaran HAM khususnya terhadap Wiwin yang terluka tembak pada bagian dada.


Wiwin tertembak, kata Sutarman, karena melakukan perlawanan sampai baku tembak, saat aparat memintanya untuk menyerahkan diri.  Ia membantah penembakan Wiwin terjadi setelah dilakukan penangkapan. Wiwin alias Rahman merupakan pelaku mutilasi terhadap tiga siswi SMA di Poso pada 2005, yang kini menjalani hukuman penjara di Lembaga Pemasyarakatan Palu, Sulawesi Tengah.






Editor :


Palupi Annisa Auliani









Anda sedang membaca artikel tentang

Kabareskrim: Ada Upaya Pelemahan Densus 88

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/03/kabareskrim-ada-upaya-pelemahan-densus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kabareskrim: Ada Upaya Pelemahan Densus 88

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kabareskrim: Ada Upaya Pelemahan Densus 88

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger