KSAD Akui TNI Masih Pakai Peluru dan Senapan Penyerang Lapas

Written By Luthfie fadhillah on Jumat, 29 Maret 2013 | 22.41


JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Darat sampai saat ini masih menggunakan peluru dan senjata yang sama dengan peluru yang ditemukan Tim Forensik Polda Yogyakarta yang digunakan untuk menembak empat tahanan titipan Polda DIY di Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Demikian juga senjata yang digambarkan para saksi.


"Masalah amunisi 7,62 (mm), jujur masih tetap kami gunakan. Senjatanya juga masih digunakan," ujar Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo, saat jumpa pers di Mabes AD, Jakarta, Jumat (29/3/2013). Dia mengatakan peluru kaliber 7,62 mmm memang biasa digunakan untuk hal-hal tertentu.


Peluru kaliber tersebut, ujar Pramono, dapat menjangkau target dari jarak jauh maupun dekat. Dalam satuan TNI AD senjata yang menggunakan kaliber tersebut adalah senapan G3 buatan Heckler & Koch, senapan AK-47, dan senapan serbu SP.


Menurut Pramono, ketiga senapan tersebut bias digunakan untuk kesatuan wilayah dan bantuan tempur. "Kalau sekarang yang digunakan militer infantri ialah (senapan dengan peluru kaliber) 5,56, itu produk Pindad," kata dia.


Sebelumnya, dari hasil penyelidikan sementara, polisi menemukan sejumlah butir selongsong peluru kaliber 7,62 yang digunakan untuk menembak empat tahanan di Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Pelaku penembakan diduga menggunakan senapan laras panjang AK-47 dan pistol jenis FN.


Gerombolan bersenjata api laras panjang, pistol, dan granat datang menyerang lapas, Sabtu (23/3/2013) dini hari. Dalam peristiwa itu, empat tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus, Sersan Satu Santosa, ditembak mati.


Keempatnya yakni Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait. Serangan pelaku dinilai sangat terencana. Mereka melakukan aksinya dalam waktu 15 menit dan membawa CCTV lapas. Pelaku diduga berasal dari kelompok bersenjata yang terlatih.


Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Gerombolan Serang Lapas Cebongan








Editor :


Palupi Annisa Auliani









Anda sedang membaca artikel tentang

KSAD Akui TNI Masih Pakai Peluru dan Senapan Penyerang Lapas

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/03/ksad-akui-tni-masih-pakai-peluru-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KSAD Akui TNI Masih Pakai Peluru dan Senapan Penyerang Lapas

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KSAD Akui TNI Masih Pakai Peluru dan Senapan Penyerang Lapas

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger