Lauda Kecewa dengan "Team Order" Mercedes

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 28 Maret 2013 | 22.04


KOMPAS.com - Charman non-executive Mercedes, Niki Lauda, mengungkapkan kekecewaannya kepada Ross Brawn, yang tak mengizinkan Nico Rosberg melewati Lewis Hamilton pada seri kedua Formula 1 musim 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (24/3/2013). Lauda mengakui, dia tak menyukai team order, yang menodai sportivitas olahraga.

Dalam balapan tersebut, Mercedes melakukan team order untuk mempertahankan Hamilton di posisi ketiga. Padahal, waktu itu Rosberg punya potensi yang sangat besar untuk menyalip rekan setimnya tersebut, yang harus menghemat bahan bakar di beberapa lap terakhir.

Akibatnya, Rosberg harus puas finis di posisi keempat dan membiarkan Hamilton naik podium nomor tiga, di belakang dua pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel dan Mark Webber, yang juga meninggalkan kontroversi dalam balapan itu. Berbicara setelah menerima trofi, Hamilton mengakui bahwa Rosberg yang pantas membawa penghargaan itu ke rumah, karena dia tampil lebih baik.

Kondisi ini yang membuat Lauda tak terkesan. Mantan juara dunia tiga kali Formula 1 ini mengakui, team order sangat merugikan pebalap dan tidak sportif.

"Dari sudut pandang olahraga, itu salah," ujar Lauda kepada Times seperti dikutip dari Planetf1, Rabu (27/3). "Mereka seharusnya membiarkan (Rosberg) pergi. Kami perlu berbicara kepada Ross, jika ini strategi digunakan dari sekarang."

Pandangan ini kontras dengan direktur eksekutif Toto Wolff. Menurutnya, tak ada kontroversi karena kedua pebalap sama-sama memiliki bahan bakar yang tersisa sedikit. Jadi, tim berusaha agar kedua pebalap bisa menyelesaikan balapan dengan baik.

"Ini tak sempurna dari sudut pandang olahraga, dan ini bukanlah hal yang diinginkan orang untuk melihatnya, begitu pun dengan saya. Tetapi kadang-kadang anda perlu memberitahu dan membuat keputusan, dan Ross melakukannya," ujar Wolff.

"Ini untuk tim membawa pulang ke rumah posisi ketiga dan keempat, tetapi dari sudut pandang olahraga tentu saja ini tidak fantastis."







Editor :


Aloysius Gonsaga Angi Ebo









Anda sedang membaca artikel tentang

Lauda Kecewa dengan "Team Order" Mercedes

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/03/lauda-kecewa-dengan-order-mercedes.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lauda Kecewa dengan "Team Order" Mercedes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lauda Kecewa dengan "Team Order" Mercedes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger