Pasien KJS Sempat Diminta Bayar Rp 2 Juta

Written By Luthfie fadhillah on Senin, 11 Maret 2013 | 22.53


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Rumah Sakit Firdaus membenarkan bahwa mereka telah meminta uang sebesar Rp 2 juta untuk pasien Ana Mudrika, seorang remaja berumur 15 tahun yang meninggal karena mengalami penyumbatan saluran pencernaan pada usus.


Bachtiar Husein, seorang perwakilan RS Firdaus mengatakan, pemungutan biaya ini diambil karena Ana masuk ke dalam pasien umum, bukan pasien pemegang Kartu Jakarta Sehat (KJS). "Ya, benar kita pungut Rp 2 juta karena saya pikir dia bukan pasien ber-KJS," ujarnya ketika ditemui di kantor Dinas Kesehatan Jakarta, Senin (11/3/2013). Saat ditelusuri lebih lanjut, tenyata pasien itu mempunyai Kartu Jakarta Sehat.


Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati mengatakan, hal ini menggambarkan buruknya komunikasi yang terjadi antara pihak rumah sakit dan pasien. "Pada saat ini, komunikasi keluarga dengan RS tidak baik. Di dalam kodisi darurat, pasien berhak ditangani," ujarnya.


Ana sempat dirawat selama dua hari di RS Firdaus, Cilincing, Jakarta Utara. Setelah itu, ia dirujuk ke rumah sakit lain karena RSFirdaus merupakan rumah sakit spesialis paru-paru, sementara AM mempunyai penyakit kronis usus yang akut.


Keluarga sepakat memindahkan Ana ke RS Islam Sukapura pada hari Kamis (7/3/2013). Karena kamar di RS tersebut penuh, Ana dirawat sementara di instalasi gawat darurat (IGD). Keluarga diberi waktu empat jam untuk mencari RS lain yang dapat merawat.


"Kami mendatangi RSUD Koja, RS Pelabuhan, dan RS Mulyasari. RSUD Koja dan RS Pelabuhan menolak dengan alasan kamar penuh. RS Mulyasari menolak karena tidak menerima pasien Kartu Jakarta Sehat (KJS),” ujar Endang Rukmana, ayah Ana, di rumah duka, Cakung, Jakarta Utara, Sabtu (9/3/2013).


Setelah letih mencari, keluarga kembali ke RSI Sukapura dengan hasil nihil. Pihak RSI Sukapura memberitahukan telah tersedia satu kasur di kelas III. Namun, kondisinya terus memburuk. Ana urung dioperasi karena kondisi kesehatannya sudah tidak memungkinkan dan akhirnya meninggal dunia pada Sabtu pukul 09.00.












Anda sedang membaca artikel tentang

Pasien KJS Sempat Diminta Bayar Rp 2 Juta

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/03/pasien-kjs-sempat-diminta-bayar-rp-2.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pasien KJS Sempat Diminta Bayar Rp 2 Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pasien KJS Sempat Diminta Bayar Rp 2 Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger