Enam Gunung Api Siaga, 19 Waspada

Written By Luthfie fadhillah on Jumat, 05 April 2013 | 22.41




Geologi


Enam Gunung Api Siaga, 19 Waspada





Penulis : Ahmad Arif | Jumat, 5 April 2013 | 21:23 WIB













BANDUNG, KOMPAS.com -- Sebanyak 24 dari 127 gunung api di Indonesia saat ini terpantau mengalami peningkatan aktivitas dan perlu diwaspadai. Lima gunung berstatus Siaga dan 19 lainnya berstatus Waspada.


Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, menyampaikan informasi itu Jumat (5/4/2013) malam dari Bandung, Jawa Barat. Keenam gunung yang siaga adalah Dieng (Jawa Tengah) sejak 27 Maret 2013, Rokatenda (Nusa Tenggara Timur) sejak 13 Oktober 2012, Ijen (Jawa Timur) sejak 24 Juli 2012, Karangetang (Sulawesi Utara) sejak 8 Agustus 2011, dan Lokon (Sulawesi Utara) sejak 24 Juli 2011.


Di antara gunung-gunung yang berstatus Siga, Dieng dan Ijen termasuk yang paling mengkhawatirkan, mengingat banyaknya warga yang berada di sekitar zona bahaya. Gunung ini juga memiliki riwayat mematikan di masa lalu.


Sedangkan gunung-gunung yang berstatus Waspada adalah Selawah Agam (Aceh), Sangeangapi (Nuas Tenggara Timur), Soputan (Sulawesi Utara), Gamalama (Maluku Utara), Gamkonora (Maluku Utara), Dukono (Maluku Utara), Ibu (Maluku Utara), Bromo (Jawa Timur), Semeru (Jawa Timur), Papandayan (Jawa Barat), Guntur (Jawa Barat), Marapi (Sumatera Barat), Talang (Sumatera Barat), Kerinci (Jambi), Ili Lewotolo (Nusa Tenggara Timur), Anak Krakatau (Lampung), Sinabung (Sumatera Utara), Tambora (Nusa Tenggara Barat), dan Raung (Jawa Timur).


















Anda sedang membaca artikel tentang

Enam Gunung Api Siaga, 19 Waspada

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/04/enam-gunung-api-siaga-19-waspada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Enam Gunung Api Siaga, 19 Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Enam Gunung Api Siaga, 19 Waspada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger