2 Polsek Dibakar, Polri Dekati Tokoh Masyarakat

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 04 Juli 2013 | 22.42





JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian melakukan dialog dengan tokoh masyarakat terkait peristiwa pembakaran dua Markas Kepolisian Sektor di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan dibakar massa. Pembakaran tersebut merupakan reaksi masyarakat atas tewasnya pelaku pencurian dengan kekerasan, Herlika bin Hasan (19).

"Keterlibatan tokoh-tokoh yang mereka hormati juga penting dan kita harap dapat berperan lebih besar agar masyarakat lebih tertib hukum. Kita kedepankan kerjasama dgn tokoh-tokoh setempat," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2013).

Boy menerangkan, Herlika tewas ditembak karena sebelumnya melakukan perlawanan pada saat upaya penangkapan. Boy menegaskan, hal tersebut merupakan langkah penegakan hukum. Herlika merupakan residivis yang telah lama diincar aparat kepolisian. Reaksi warga setelah tewasnya Herlika, menurut Boy, resiko polisi dalam penegakan hukum.

"Penegakan hukum memang beresiko seperti ini. Bukan saja penegakan hukum yang jadi fokus, tapi bagaimana meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat. Hukum yang berlaku diharapkan dapat dipahami, dihormati oleh masyarakat kita," terang Boy.

Reaksi masyarakat tersebut juga menjadi bahan evaluasi kepolisian. Akibat pembakaran tersebut, pelayanan Polsek dialihkan. "Kita sayangkan dua polsek ini dibakar. Pelayanan terpaksa dialihkan ke Polres dan Polsek tetangga, karena tak bisa dilakukan pelayanan di dua polsek itu," terang Boy.

Selain Herlika, saat ini ada empat orang buron yang diduga kerap melakukan tindak kejahatan di jalur lintas Sumatera (jalinsum). Kelompok ini pun telah lama diincar kepolisian karena meresahkan warga. Diberitakan sebelumnya, Herlika ditembak karena melakukan perlawanan pada Selasa (2/7/2013) sekitar pukul 14.00 WIB. Ia tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sesaat setelah penangkapan yang menewaskan Herlika, masyarakat Desa Karanganyar, Kecamatan Rupit melakukan pembakaran markas Polsek sementara Muara Rupit dan Polsek Rawas Ulu. Massa juga merusak rumah dinas Kapolsek Rawas Ulu dan perumahan anggota Polsek Rawas Ulu.

Selain itu, sekitar pukul 15.00 massa juga menutup jalan lintas Lubuk Linggau Singkut, tepatnya di Desa Panggung Rupit. Terkait aksi anarkistis tersebut, sejumlah warga telah dimintai keterangannya.




Editor : Hindra Liauw


















Anda sedang membaca artikel tentang

2 Polsek Dibakar, Polri Dekati Tokoh Masyarakat

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/07/2-polsek-dibakar-polri-dekati-tokoh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

2 Polsek Dibakar, Polri Dekati Tokoh Masyarakat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

2 Polsek Dibakar, Polri Dekati Tokoh Masyarakat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger