Jelang Lebaran, Kuli Angkut Raup Banyak Untung

Written By Luthfie fadhillah on Rabu, 31 Juli 2013 | 22.53





JAKARTA,KOMPAS.com - Delapan hari menjelang Lebaran, para pekerja kuli angkut di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mulai meraup banyak penghasilan. Upah tersebut merupakan hasil kerja mereka dari subuh hingga sore.


"Saya dapat Rp 400.000-Rp 500.000 per hari, sudah dua hari ini. Saya mulainya sih seminggu lalu," ujar Dede (30), Rabu (31/7/2013) di Terminal Lebak Bulus.


Dede mengatakan, ada sekitar seratus kuli angkut di terminal tersebut. Mereka berlomba-lomba menghampiri taksi yang datang untuk menawarkan jasa mereka kepada penumpang taksi. Mereka tak segan naik atau berlari-lari mengejar taksi-taksi tersebut. Walaupun jumlah mereka banyak, mereka tidak pernah saling sikut dalam memperoleh penumpang.


"Kita sudah saling kenal sih, sikut-sikutan mah enggak pernah, kalau kuat-kuatan sih iya. Kan kita disini pakainya fisik ya, jadi kalau kuat lanjut terus, bawaannya juga diperbanyak," ujar Dede yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat.


Jika Dede mangkal di luar terminal, Fendi (50) menjadi kuli angkut di area dalam terminal. Sama seperti Dede, Dendi pun merasakan pendapatannya bertambah pada H-8 Lebaran.


"Kalau kemarin-kemarin, H-10 lah, saya cuma dapat Rp 50.000," ujar Fendi tanpa mau menyebutkan banyaknya upah yang ia dapat hari ini.


Walaupun tak sedikit penumpang yang menolak barangnya dibawakan, ada juga penumpang yang merasa terbantu dengan keberadaan kuli angkut. Biasanya pengguna jasa angkut ini adalah wanita, seperti Nini yang akan mudik ke Madiun. "Gimana lagi ya, enggak kuat juga bawanya. Saya bawa oleh-oleh buat di kampung," ujar Nini tergesa-gesa.


Yang biasa menolak bantuan dari kuli ini adalah kaum pria yang membawa serta keluarganya. Sering terlihat adanya tarik-tarikan barang antara kuli dan penumpang pria. "Banyak sih yang ngerasa takut, takut barangnya diambil atau takut harganya mahal, jadi enggak mau dibantuin," kata Dede.


Dede mengaku tidak menetapkan ongkos kuli angkut kepada pengguna jasanya. Pria yang kesehariannya menjadi tukang ojek dan buruh tani di Cianjur itu merasa beruntung mendapat upah besar di Jakarta. Di kampung, ia hanya mendapat upah Rp 10.000 hingga Rp 20.000 sehari dari bertani. Dengan penghasilan cukup banyak sebagai kuli angkut, Dede siap pulang kampung saat Lebaran nanti.





Editor : Laksono Hari Wiwoho


















Anda sedang membaca artikel tentang

Jelang Lebaran, Kuli Angkut Raup Banyak Untung

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/07/jelang-lebaran-kuli-angkut-raup-banyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jelang Lebaran, Kuli Angkut Raup Banyak Untung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jelang Lebaran, Kuli Angkut Raup Banyak Untung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger