Konvensi Demokrat Dijamin Tanpa Pesanan

Written By Luthfie fadhillah on Minggu, 07 Juli 2013 | 22.41






JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana mengatakan, bursa seleksi calon presiden melalui jalur konvensi dari partai itu akan berjalan objektif. Ia menjamin tak ada figur tertentu yang menjadi pesanan dan masuk skenario untuk dimenangkan.


Ketua Komisi VII DPR RI itu menegaskan, jaminan itu juga berlaku untuk anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo. Pramono baru bergabung ke dalam partai berlambang bintang mercy ini sekitar dua pekan lalu setelah pensiun sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Pramono merupakan adik ipar Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.


"Saya tegaskan, Pak Pramono ini tidak diproyeksikan capres dari Partai Demokrat. Kalau mau, ya ikut konvensi," kata Sutan di Jakarta, Minggu (7/7/2013) malam.


Sutan menuturkan, konvensi akan digelar semi-terbuka. Tokoh dari dalam dan luar partainya boleh berpartisipasi dengan catatan memenuhi kriteria yang ditentukan. Ia memberi contoh kader Partai Demokrat yang layak mengikuti konvensi adalah Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie. Adapun dari eksternal partai, sosok seperti Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dianggap kompeten mengikuti Konvensi.


"Selain itu Pak Irman Gusman (Ketua DPD) juga yang sudah masuk. Itu yang baru saya tahu misalnya tiga orang itu yang diundang," ujar Sutan.


Konvensi merupakan strategi Partai Demokrat untuk menjaring capres di 2014. Sederet nama telah mengemuka dan dikaitkan dengan konvensi tersebut, seperti Ketua DPR RI sekaligus Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie serta Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.


Pendaftaran peserta konvensi calon presiden akan dimulai pada Agustus 2013. Konvensi ini digelar semi-terbuka dan hanya figur potensial yang diperbolehkan masuk di dalamnya.


Partai Demokrat akan menetapkan kriteria tertentu untuk menjaring setidaknya 15 calon. Setelah itu, akan ada tahapan kampanye ke daerah-daerah dan dilanjutkan dengan survei sebelum akhirnya resmi diusung menjadi capres dari Partai Demokrat.





Editor : Laksono Hari Wiwoho




















Anda sedang membaca artikel tentang

Konvensi Demokrat Dijamin Tanpa Pesanan

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/07/konvensi-demokrat-dijamin-tanpa-pesanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konvensi Demokrat Dijamin Tanpa Pesanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konvensi Demokrat Dijamin Tanpa Pesanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger