Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mekkah

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 06 November 2012 | 22.41


MEKKAH, KOMPAS.com - Separuh dari 211.000 jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Mekkah menuju Madinah, dan kembali Tanah Air lewat Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, hingga Selasa (6/11/2012) pagi waktu Arab Saudi.

"Seluruh periode musim haji 2012 akan berakhir pada 29 November," kata petugas kesehatan Daerah Kerja (Daker) Mekkah, dr Ramon Andreas di Mekkah, Selasa.

Hingga Selasa pagi, jemaah haji yang meninggal dunia berjumlah 319 orang. "Umumnya, karena kelelahan setelah melewati prosesi di Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina)," katanya.

Jemaah haji yang meninggal, antara lain 118 di Balai Pengobatan Haji Indonesia, 94  di rumah sakit Arab Saudi, 63 di pondokan, 20 di mesjid dan 10 di jalan.

Sesuai dengan catatan sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat) sampai dengan Selasa, 101.015 jemaah haji telah meninggalkan Mekkah menuju Jeddah, dan selanjutnya terbang ke Tanah Air. Sebagian jemaah juga meninggalkan Mekkah menuju Madinah.
       
Jemaah yang termasuk  gelombang kedua atau kelompok terbang (kloter)-kloter akhir datang ke Arab Saudi langsung dari Tanah Air, menuju Mekkah setelah mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah. Mulai 4 November 2012 mereka melanjutkan perjalanan menuju Medinah dengan tujuan melakukan arba’in atau 40 kali sholat wajib di Masjid Nabawi.

Jemaah yang tergolong kloter awal atau gelombang pertama, sesampainya di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Arab Saudi, langsung menuju Medinah mengambil arba’in dan selanjutnya ke Mekkah. Bersama dengan jemaah gelombang kedua serta jemaah seluruh dunia, melaksanakan prosesi Armina, berupa rukun haji wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melempar jumrah di Mina, serta tawaf dan sa’i di Masjidil Haram.

Saat ini, setelah sebagian jemaah dari seluruh dunia meninggalkan Mekkah, Masjidil Haram masih tetap dipadati jemaah. Jemaah haji yang belum kembali ke negara mereka, secara maksimal memanfaatkan sisa waktu luang melaksanakan ibadah berupa umrah dan shalat wajib, serta tawaf wada di Masjidil Haram.

Sementara itu para pedagang musiman yang banyak tumbuh di sekitar pondokan haji, baik asal Indonesia, Bangladesh, Qatar, Mesir maupun pedagang kulit hitam, ketika musim haji berlangsung di Mekkah, kini mulai berkurang. Sebagian tidak lagi beraktivitas karena pondokannya telah ditinggalkan jemaah haji.

Sumber: Antara













Anda sedang membaca artikel tentang

Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mekkah

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2012/11/separuh-jemaah-haji-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mekkah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Separuh Jemaah Haji Indonesia Tinggalkan Mekkah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger