Diperiksa KPK, Elda Enggan Ungkap Materi Pemeriksaan

Written By Luthfie fadhillah on Kamis, 14 Februari 2013 | 22.41


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengusaha Elda D Adiningrat yang juga Ketua Asosiasi Perbenihan Indonesia enggan mengungkap materi pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kamis (14/2/2013), dia diperiksa KPK sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi pada Kementerian Pertanian.


"Tadi menjawab pertanyan yang ada saja," kata Elda, seusai menjalani pemeriksaan, kemudian langsung masuk ke dalam mobilnya yang menunggu di depan pintu Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (14/2/2013) malam. Dia pun menolak menjawab ketika ditanya soal kuota impor daging sapi. Dia mempersilakan wartawan menanyakan hal tersebut kepada pengacara yang mendampinginya.


KPK sudah meminta pencegahan kepada imigrasi untuk Elda terkait kasus ini. Elda dianggap tahu seputar kasus dugaan korupsi impor daging sapi ini.


Menurut pengacara Luthfi, M Assegaf, kliennya pernah mengikuti pertemuan di Medan dengan Menteri Pertanian Suswono, serta Mari Elisabeth Liman. Pertemuan itu, juga dihadiri Elda dan orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah.


Menurut Assegaf, pertemuan di Hotel Aryaduta Medan tersebut, hanya berlangsung sekitar 10 menit. Dalam pertemuan itu, katanya, Elisabeth memaparkan data kondisi daging sapi di Indonesia. Assegaf mengatakan, saat itu Suswono juga mengaku punya data dari Kementan soal kondisi daging sapi di Indonesia.


Namun, kata Assegaf, pertemuan itu sama sekali tak ada pembicaraan soal kuota impor. Assegaf juga menolak anggapan, Luthfi dinilai memfasilitasi pertemuan antara Suswono dan importir daging sapi.


Dalam kasus dugaan korupsi impor daging sapi, KPK menetapkan Luthfi dan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Tiga orang selain Luthfi yang menjadi tersangka adalah teman dekat Luthfi, Ahmad Fathanah, serta dua direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.


Luthfi bersama-sama Fathanah diduga menerima Rp 1 miliar dari Juard dan Arya terkait kuota impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama. Selain Elda, Kamis (14/2/2013), KPK memeriksa Luthfi, Fathanah, Juard, dan Arya.


Menurut Priharsa, Arya diperiksa terkait posisinya sebagai tersangka, sementara Juard, dan Fathanah diperiksa sebagai saksi bagi Luthfi. Sedangkan Luthfi diperiksa sebagai saksi bagi Arya.


Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Skandal Suap Impor Daging Sapi






Editor :


Palupi Annisa Auliani









Anda sedang membaca artikel tentang

Diperiksa KPK, Elda Enggan Ungkap Materi Pemeriksaan

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/02/diperiksa-kpk-elda-enggan-ungkap-materi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diperiksa KPK, Elda Enggan Ungkap Materi Pemeriksaan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diperiksa KPK, Elda Enggan Ungkap Materi Pemeriksaan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger