MNCTV Kembali Gelar Program Acara Penghargaan Bagi Pahlawan Masa Kini

Written By Luthfie fadhillah on Selasa, 18 Juni 2013 | 22.14


Jakarta - MNCTV kembali mengadakan program yang dipersembahkan untuk para pahlawan masa kini dalam “MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2013”.


Program tersebut merupakan program khusus yang menghadirkan sosok-sosok berdedikasi tinggi dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dengan berbagai kegiatan inspiratif di tengah masyarakat.


Tahun lalu, program serupa sukses mendapatkan perhatian dan apresiasi dari berbagai kalangan, mulai dari pejabat pemerintah, akademisi, komunitas hingga warga masyarakat umum, yang menilai ini berbeda dari kegiatan pemberian penghargaan lain. Penghargaan MNCTV Pahlawan untuk Indonesia memang ditujukan kepada orang-orang biasa yang melakukan berbagai kegiatan luar biasa tanpa pamrih. Mereka diseleksi secara ketat oleh tim juri independen.


Nana Putra selaku Managing Director MNCTV mengatakan yakin masih banyak ‘pahlawan’ berdedikasi tinggi tersebar di berbagai daerah yang luput dari perhatian.


“Sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam ikut memajukan masyarakat, MNCTV pun menggelar kembali MNCTV Pahlawan untuk Indonesia 2013," ujar Nana Putra saat jumpa pers peluncuran program unggulan MNCTV tersebut, Selasa (18/6).


Untuk mendapatkan kandidat berkualitas, pihak penyelenggara membentuk tim juri independen yang beranggotakan beberapa unsur seperti akademisi, aktivis LSM, selebriti, dan lain sebagainya. Pihak penyelenggara juga kembali menggandeng sosiolog DR Imam BPrasodjo, arsitek dan pengamat tatakota Marco Kusumawijaya untuk menjadi anggota juri independen. Sedangkan CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo dan cendikiawan Prof DR Ahmad Syafi’i Ma’arif, PHD kembali didaulat menjadi juri kehormatan. Para Juri inilah yang nantinya akan memilih dan menentukan 10 Pahlawan 2013.


Program ‘MNCTV Pahlawan Untuk Indonesia 2013” terbuka untuk umum dan tidak memberlakukan pembatasan usia, jenis kelamin, suku, agama, profesi dan lain-lain. Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah kandidat Warga Negara Indonesia atau warga negara asing yang berdomisili di Indonesia; diusulkan oleh orang lain (tidak boleh mengusulkan diri sendiri); belum pernah menerima penghargaan sejenis, mendaftar melalui website mnctv atau surat ke MNCTV; pendaftaran menggunakan bahasa Indonesia; harus melakukan pendaftaran dengan data sebenar-benarnya; dan diusulkan atas nama perseorangan (bukan berkelompok).


Sedangkan persyaratan khusus adalah kegiatan yang dilaksanakan berdampak nyata, langsung dan luas terhadap warga masyarakat di sekitarnya; kegiatan yang dilaksanakan tergolong unik dan kadang bertentangan dengan kelaziman; kegiatan yang dilaksanakan berpeluang untuk berkembang dan berlanjut pada masa depan (sustainable) atau mampu membangun kader dan jaringan; tanpa pamrih, bahkan ikhlas mengorbankan harta dan keluarga; kehilangan kesempatan yang lebih baik dari segi finansial, menjadi inspirasi bagi orang lain untuk berbuat sesuatu yang lebih baik; tidak sedang terlibat dalam kasus kriminal dan tidak berpoligami/ berpoliandri.


Pendaftaran kandidat dibuka sejak 15 Februari hingga 22 Agustus 2013 dan sampai saat ini sudah hampir 200 pendaftar yang memenuhi persyaratan. Pendaftar yang telah dinyatakan lolos secara administratif akan diikutkan pada tahap pra penjurian mulai 20 Juni 2013 oleh Juri Internal MNCTV. Dalam tahap ini, akan dipilih 50 bakal calon kandidat dan akan dikerucutkan menjadi 30 calon kandidat. Tahap selanjutnya adalah penjurian untuk menyeleksi 30 kandidat menjadi 20 kandidat pada 22 Agustus 2013, sebelum akhirnya para juri independen memilih 12 dari 20 kandidat. Tim juri independen dan juri kehormatan akan memilih 10 kandidat terbaik dari 12 kandidat dalam sebuah proses karantina penjurian akhir di Jakarta pada awal November 2013.


Selain trofi dan piagam penghargaan, 10 orang “MNCTV Pahlawan untuk Indonesia” akan menerima bantuan uang dan peralatan penunjang kegiatan yang akan diserahkan di Malam Penganugerahan di Jakarta pada Kamis, 7 November 2013 dan disiarkan MNCTV pada Sabtu, 9 November 2013.


Anda sedang membaca artikel tentang

MNCTV Kembali Gelar Program Acara Penghargaan Bagi Pahlawan Masa Kini

Dengan url

http://thespreadofavianinfluenza.blogspot.com/2013/06/mnctv-kembali-gelar-program-acara.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MNCTV Kembali Gelar Program Acara Penghargaan Bagi Pahlawan Masa Kini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MNCTV Kembali Gelar Program Acara Penghargaan Bagi Pahlawan Masa Kini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger